Minggu, 21 Juli 2013

PERSEDAYA (PERMEN SEHAT EKSTRAK DAUN PEPAYA) DENGAN VARIASI RASA DAN BENTUK UNIK KAYA MANFAAT UNTUK MENAMBAH NAFSU MAKAN PADA ANAK-ANAK
Apriliana Fidianti, Dian Suryani, Leli Puput Saputri
Jurusan D III Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap
Jln. Cerme No. 24 Sidanegara, Cilacap, Telp. (0282) 532975

PERSEDAYA (Permen Sehat Ekstrak Daun Pepaya) adalah cemilan sehat (permen) yang terbuat dari bahan alam yaitu ekstrak daun pepaya yang dapat memberi manfaat bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian para ahli, daun pepaya diketahui mengandung 35 mg/100 mg. Tocophenol. Sementara itu, daun pepaya muda juga diketahui banyak mengandung zat bernama alkaloid juga enzim papain. Alkaloid ini dapat bermanfaat untuk menambah nafsu makan pada anak-anak. Anak-anak dalam masa pertumbuhan biasaya memiliki masalah yang sama yaitu menurunya nafsu makan, anak-anak lebih suka mengkonsumsi makanan yang tidak sehat diantaranya adalah permen / jajanan yang tidak memiliki manfaat bagi kesehatan.
Dari permasalahan tersebut maka kami menciptakan makanan / jajanan sehat yang memiliki manfaat bagi kesehatan salah satunya dapat menambah nafsu makan pada anak-anak. Para orang tua / anak-anak kini tidak usah khawatir lagi dengan jajana yang tidak sehat karena jajanan tersebut dapat kita ganti dengan PERSEDAYA ini. Permen ini terbuat dari bahan utama ekstrak daun pepaya yang memiliki banyak manfaat dan disertai bahan tambahan lain yaitu coklat batang, gula, perisa makanan dan asam sitrat sebagai pengawet.

Dari bentuk yang unik dan rasa yang bermacam-macam dapat menarik minat anak-anak untuk menkonsumsi jajanan yang bermanfaat ini. Rasa yang ditawarkan bermacam-macam diantaranya ada rasa anggur, strobery, jeruk, melon dll dan bentuk-bentuk yang unik seperti bebek, pinguin, sapi dll. Harga yang ditawarkan pun relatif murah yaitu hanya Rp 1000,- tiap 1permen dan Rp 20.000,- tiap 1 toples.

0 komentar:

Posting Komentar